Uji Coba KRL ke Cikarang, Stasiun Bekasi Timur Baru Rampung 90 Persen

Uji Coba KRL ke Cikarang, Stasiun Bekasi Timur Baru Rampung 90 Persen

374
0
SHARE
Ilustrasi, Stasiun Bekasi Timur

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Masyarakat Bekasi sepertinya harus bersyukur pasalnya Pembangunan proyek dua rel ganda atau double-double track (DDT) Manggarai-Bekasi-Cikarang mengalami kemajuan. Jika tidak ada aral melintang, Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia akan melakukan uji coba pengoperasian kereta rel listrik (KRL) Commuter Line ruas Manggarai-Bekasi-Cikarang pada Jumat, 28 Juli 2017.

Dilansir dari tempo.co, Pembangunan satu jembatan tambahan di atas Kali Bekasi telah rampung meski belum terpasang rel. Begitu juga dengan dua rel Bekasi-Cikarang yamg belum dibangun. Meski begitu, Stasiun Bekasi Timur di Kota Bekasi sudah dibangun dan nyaris rampung.

Pengawas Proyek Pembangunan Stasiun PT Wijaya Karya, Rahmat, mengatakan Stasiun Bekasi Timur sudah rampung sekitar 80 persen. Infrastruktur di stasiunnya pun sudah bisa dioperasikan. “Informasinya Jumat pekan ini ada uji coba dari Kementerian Perhubungan,” kata Rahmat

Menurut Rahmat, seluruh infrastruktur di Stasiun Bekasi Timur ditargetkan rampung sekitar dua bulan lagi, bersamaan dengan dioperasikannya secara resmi KRL Commuter Line Manggarai-Cikarang.

Saat ini, kata Rahmat, pekerja tengah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil. “Tinggal finishing saja,” ujarnya. Menurut dia, Stasiun Bekasi Timur dilengkapi dengan lift khusus penumpang difabel dan orang tua.

Alasannya, sebelum masuk ke dalam peron, penumpang harus naik tangga lebih dulu ke lantai atas, kemudian turun menuju peron. “Sebenarnya sudah bisa dipakai untuk naik-turun penumpang, tapi kan masih berisiko, karena masih ada pekerjaan,” ucap Rahmat.

Sementara itu, Mechanical Electrical Building di Stasiun Bekasi Timur, Agus Imam, mengatakan sistem di stasiun tersebut sudah bisa digunakan, meliputi persinyalan sampai elektrifikasi. “Jadi kereta listrik sudah bisa berhenti di sini. Makanya informasinya akan ada uji coba,” ujar Imam.

Sejumlah pekerja tampak menyelesaikan pekerjaan di Stasiun Bekasi Timur, baik di area bangunan stasiun maupun parkir kendaraan roda empat dan roda dua di atas lahan seluas 2 hektare.

Warga sekitar berharap KRL Commuter Line Manggarai-Cikarang segera beroperasi. Sebab, moda transportasi massal tersebut nyaman dan cepat. “Kalau kami yang tinggal di Tambun hendak ke Jakarta harus ke Stasiun Bekasi dulu. Lumayan jauh,” kata Nurul Atriya, warga Bulak Kapal Permai, Tambun Selatan.

NO COMMENTS

Comments are closed.