Sumpah Pemuda yang Mulai Sedikit Dilupakan Generasi Muda Indonesia

Sumpah Pemuda yang Mulai Sedikit Dilupakan Generasi Muda Indonesia

2076
0
SHARE

BUCNasional, Bekasiurbancity.com – Hari ini Bangsa Indonesia memperingati salah satu peristiwa penting dalam tautannya dengan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hari dimana seluruh Pemuda Indonesia bersatu membentuk pondasi kokoh negara Republik Indonesia, Hari 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Dalam Sumpah pemuda memang dapat diusaksukan bahwa Betapa luar biasanya Perjuangan Pahlawan Indonesia dalam membebaskan bangasa ini dan melawan para penjajah.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia ( Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada ‘Tanah Air Indonesia’, ‘Bangsa Indonesia’, dan ‘Bahasa Indonesia’.

Saat ini, generasi muda Indonesia mulai melupakan pilar-pilar tersebut, mereka mengetahui sebenarnya namun tak bisa memaknainya dengan dalam, bahwa begitu hebatnya bangsa kita ini, begitu kuatnya rakyat Indonesia ini.

Dan berikut ini adalah Sejarah singkat dari sumpah Pemuda. Coba kita FlashBack ke masa sejarah Indonesia sebelum merdeka dari belenggu Penjajah. Coba resapi bagaimana Sejarah Negara Kita dalam berjuang mendaptkan kemerdekaan.

Hayati dan resapi semoga Ras Nasionalisme kita terhadap Bangsa Indonesia semakin Tinggi.

Dahulu dengan luasnya wilayah Indonesia dan mash dalam belenggu panjajah banyaksekali ormas yang semacam organisasi maupun perkumpulan yang berdiri atas latar belakang Budaya agama dan suku dan asal – usul yang kesannya memiliki landasan sendiri dalam memperjuangkan Harkat dan martabatbangsa dari Kaum Penjajah.

Dan saat itu Perhimpuna Para Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari Seluruh Wilayah Indonesia. Konggres tersebut dihindari oleh berbagai wakil orgamisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamiten Bond, Jong Ambon, beserta para pengamat dari pemuda tiong hoa yakni Kwee Thiam Hong, menggelar Konggres ini di Tiga tempat yang berbeda.

Konggres leih dahulu di gelar tanggal 27 Oktober 1928 di Sabtu 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jingenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (*sekarang menjadi Banteng). Dalam rapat kedua 28 Oktober 1928 di gedungt Oost-Java Bioscop dan kahirnya rapat terakhir dilaksakakan di gedung Indonische Clubgebouw tercapailah Rumusan Yang saat ini disebut dengan Sumpah Pemuda.

800px-kongrespemuda2

Berikut ini Isi dari Rumusan yang Kita Kenal dengan Sumpah Pemuda :

PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Redaksi Bekasiurbancity

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY