Pastikan Beras Anda Bebas dari 3P

Pastikan Beras Anda Bebas dari 3P

808
0
SHARE
Nasi

BUCHealth, Bekasiurbancity.com – Pasti sering mendengar atau mungkin Anda sendiri yang menganggap jika belum makan nasi serasa belum makan? ungkapan seperti itu biasa diucapkan oleh orang Indonesia. Nasi yang berasal dari beras merupakan consumers good dengan konsumsi terbesar di Indonesia, lebih dari minyak bahkan mi instan. Karena Nasi juga merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Sayangnya, tak jarang banyak oknum pedagang beras yang mempermainkan kualitas beras. Bahkan tega menggunakan pemutih, pengawet, sampai pewangi yang berbahaya untuk kesehatan.

Pakar kuliner Indonesia, Bondan Winarno menerangkan bahwa beras yang bagus adalah tanpa  3P: Tanpa Pemutih, Tanpa Pengawet, Tanpa Pewangi. Itu paling utama, karena kesehatan mahal harganya. Putih dan bersih, biasanya dua kriteria tersebut yang disukai masyarakat Indonesia saat membeli beras. ‘Ningsih’ alias bening dan bersih biasa disebut masyarakat begitu.

“Masyarakat Indonesia itu sebenarnya salah bila memilih beras ‘ningsih’. Beras ‘ningsih’ itu sudah dipoles beberapa kali yang artinya kandungan nutrisinya sudah semakin sedikit,” terangnya.

Menurut pria yang juga komisaris suatu perusahaan di bidang beras ini, beras terbaik untuk dikonsumsi adalah beras pecah kulit. Beras ini hanya membuang lapisan terluar atau gabah sehingga kandungan gizi pada kulit terluar beras masih utuh.

“Walau tampak jelek, tapi itu bukan raskin (beras miskin). Itu malah the best rice,” terang pria yang pernah berprofesi sebagai jurnalis ini.

Berbagai vitamin dan mineral jadi berkurang karena proses pemolesan seperti Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin B3, fosfor, dan mangan yang dibutuhkan tubuh.

NO COMMENTS

Comments are closed.