Mengenal Tokoh Maeda, Membantu Indonesia Merdeka

Mengenal Tokoh Maeda, Membantu Indonesia Merdeka

1019
0
SHARE

BUCNasional, Bekasiurbancity.com – Detik-detik menjelang kemerdekaan Republik Indonesia ke 70, tak ada salahnya kita melihat momen sebelum naskah proklamasi dirumuskan. Salah satu sosok yang sangat penting dan menjadi bagian dalam perumusan naskah proklamasi, adalah Laksamana Muda, Tadashi Maeda.

Maeda, adalah pemilik rumah yang digunakan oleh perumus naskah proklamasi, yakni Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo, untuk merumuskan naskah proklamasi. Lalu, bagaimana sosok Maeda dan kehidupannya setelah Indonesia merdeka?

Adalah Ishimura Tohaji, anak dari Maeda, yang datang ke Indonesia untuk melihat sendiri, bagaimana rumah orangtuanya yang dulu menjadi saksi peristiwa bersejarah penting di Indonesia.

Ishimura mengatakan, setelah kembali ke Tokyo, ayahnya, Maeda, memutuskan menghabiskan hidupnya sebagai warga biasa, dengan mengundurkan diri dari dunia politik dan militer yang sudah lama digeluti.

Ishimura mengungkap, sosok ayahnya pendiam, dan tak suka terikat pada satu aturan, hal itu ia ungkapkan olehnya saat ditemui di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Dilansir dari Viva.co.id (16/08/2015).

Melalui Ishimura, terungkap juga bahwa setelah merdeka, hubungan Maeda dengan Presiden Soekarno masih berjalan baik. Meski jarang mendengar cerita tentang Indonesia dari ayahnya, Ishimura yang kini 73 tahun, mengaku, Indonesia telah menjadi bagian dari keluarganya. Bahkan, adik Ishimura menetap di Jakarta, dalam jangka waktu cukup lama.

Eko

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY