Kota Bekasi Bakal Operasikan Bus Trans Patriot

Kota Bekasi Bakal Operasikan Bus Trans Patriot

838
0
SHARE
Ilustrasi, Sejumlah penumpang menaiki bus TransJakarta jurusan Metropolitan Mal Kota Bekasi – Bundaran HI, di Halte Bus Bekasi Barat , Kota Bekasi, Senin (25/04/2016). PT Transportasi Jakarta mulai hari ini membuka 3 rute baru yakni Bekasi MM-Bundaran HI, Bekasi MM-Tanjung Priok dan Bekasi Timur-Grogol dengan 4 armada bus di tiap rutenya. Foto : Nico Andreanus/Bekasiurbancity.com

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bekasi, pemerintah Kota (pemkot) Bekasi, Jawa Barat, segera mengoperasikan bus Trans Patriot dalam waktu dekat ini. Selain untuk mengatasi kemacetan, kehadiran transportasi massal pelat merah tersebut juga untuk menggantikan secara perlahan angkutan umum yang ada sekarang ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan bus Trans Patriot rencana akan mulai beroprasi pada bulan Juli mendatang. transportasi massal ini nantinya juga akan terhubung dengan sarana transportasi umum lainnya di Bekasi.

“Kehadiran bus Trans Patriot diharapkan dapat mengatasi kemacetan di Kota Bekasi dan menggantikan secara perlahan angkutan umum,” ujar Yayan, Minggu (16/4/2017).

Saat ini, lanjut Yayan, Kota Bekasi sangat membutuhkan alat transportasi masal baru. Karena, selama ini angkutan umum yang beroperasi selama belum pernah dievaluasi. Nyatanya, jumlah angkutan yang ada saat ini sebanyak 3.500 unit dirasa sudah tidak ideal bagi kota mitra DKI Jakarta ini.

Maka dari itu, pihaknya segera mengganti angkutan umum dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga daya tampungnya pun akan lebih banyak. Selama ini, angkutan yang ada hanya bisa menampung sekitar 11 hingga 12 penumpang.”Angkutan umum yang ada bikin semrawut jalanan,” katanya.

Yayan menuturkan,  bus Trans Patriot rencananya menggunakan mobil berukuran mini bus yang sanggup menampung penumpang hingga 25 orang. Dengan kehadiran transportasi masal ini diharapkan secara perlahan angkutan yang ada akan bergeser berganti dengan Trans Patriot nanti.

Yayan menargetkan, pada Juli mendatang Trans Patriot tersebut segera beroperasi. Trayek Terminal Bekasi-Pondok Gede akan menjadi sasaran pertama uji coba dari Trans Patriot ini.

Namun, secara keseluruhan rencanannya ada empat trayek yang akan segera dilintasi oleh Trans Patriot pada 2017 ini. Di antaranya, Bekasi Kota-Harapan Indah-Pulogebang, Sumber Arta-Wisma Asri dan Wisma Asri-Bantar Gebang.

Hanya saja, untuk pengoperasian Trans Patriot, Pemkot tidak akan memberikan jalur khusus seperti Trans Jakarta. Karena, panjang dan lebar jalan Bekasi tidak sama dengan DKI Jakarta.

NO COMMENTS

Comments are closed.