Google Ungkap Kebiasaan Orang Indonesia Doyan Belanja Online Lewat Smartphone

Google Ungkap Kebiasaan Orang Indonesia Doyan Belanja Online Lewat Smartphone

782
0
SHARE
Online Shopping. Sumber Foto : Techno FAQ

Bekasi, Bekasiurbancity.com – Google Indonesia baru saja merilis tren e-Commerce Indonesia tahun 2016. Dalam keterangan resminya ditemukan bahwa tren yang mendominasi belanja online adalah penggunaan perangkat mobile.

Berdasarkan riset terbaru Google Indonesia, bagi banyak masyarakat Indonesia, smartphone merupakan asisten belanja yang baru.

Tak cuma itu, hasil riset tersebut mengungkap bahwa para online shopper Indonesia mencintai situs dan aplikasi yang membantu untuk belanja online. 92 persen responden mengatakan, mereka akan membeli produk menggunakan aplikasi atau dari situs yang memberi informasi yang relevan.

Melalui riset itu, Google Indonesia menemukan tren musiman bahwa pada akhir tahun, belanja online menempati titik puncak kalender e-Commerce Indonesia. Bahkan, beberapa e-Commerce mengalami kenaikan transaksi 9 hingga 10 kali pada akhir tahun dibandingkan penjualan rata-rata.

Google juga mengungkapkan lima kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun, salah satunya produk kecantikan dan personal care.

“Orang Indonesia semakin ingin cantik. Data kami menunjukkan dari November-Desember tahun lalu kategori yang paling banyak dicari antara lain produk kecantikan dan personal care,” ujar Industry Head Google Indonesia, Henky Prihatna di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Setelah itu, gadget dan aksesoris, pakaian serta barang untuk bayi menjadi kategori selanjutnya yang paling banyak dicari masyarakat saat berbelanja online.

Henky mengatakan, tren ini terjadi saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri dan Desember menjelang awal tahun baru di Januari.

“Data kami, e-commerce Indonesia awal tahun memang low season. Meningkatnya Ramadhan, terus Lebaran paling tinggi. Habis itu off. Setelah off, Desember akan naik,” kata dia.

NO COMMENTS

Comments are closed.