Cara Mendaftar BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial )

imageKantor Cabang BPJS di Jl. Ahmad Yani

Program pemerintah yang bernama Program Jaminan kesehatan Nasional atau JKN Mulai di berlakukan pada 1 januari 2014 dengan nama BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan sosial ) namun sejauh ini dari pantuan BUC (6/1) masyarakat banyak yang masih bingung dan belum tahu apa itu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial( BPJS  ), apa persayaratnnya dan cara ikut dan prosedur Jaminan Sosial( BPJS ).

imageSuasana Pelayanan BPJS

Kepala Keuangan BPJS kota bekasi, Hariyanto, mengatakan  jadi ada 2 pentahapan di dalam BPJS, yaitu PBI ( Penerima Bantuan Iuran ) untuk orang – orang yang tidak mampu namun sudah terkouta oleh pemerintah, dan Untuk yang individu seperti masyarakat umum lainnya yang tidak termasuk ke dalam PBI.

imageFormulir Pendaftaran BPJS

“Peserta BPJS terbagi menjadi 2 kelompok pendaftaran yaitu pendaftaran dalam PBI dan pendaftaran Individu. Untuk yang pendaftaran PBI ( Penerima Bantuan Iuran ), itu hanya khusus untuk masyarakat yang sudah terdaftar dalam program tersebut sebelumnya, PBI sendiri adalah program pemerintah yang sudah jalan sebelum BPJS, dalam hal ini peserta sudah terkuota oleh pemerintah dan pemerintahlah yang mengurusi langsung. sedangkan untuk yang individu, peserta bisa langsung mendaftar ke BPJS terdekat. Untuk yang di bekasi bisa ke jalan Ahmad yani ( ruko Ahmad yani, depan RS.Mitra Barat ).” Jelas Hariyanto Kepada BekasiUrbanCity.

Selain itu Hariyanto juga menerangkan untuk pendaftaran individu Sesuai aturan, peserta mandiri dapat mendaftar untuk  menjadi peserta BPJS dengan menyerahkan kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan memilih jenis kelas yang ingin dipilih. Tarif kelas I membayar iuran Rp 59. 500 per peserta, tarif kelas II Rp 42.500 per peserta dan tarif kelas III Rp 24.500 per peserta.

“Untuk yang baru menikah, membawa lampiran surat keterangan menikah,  serta Kartu tanda penduduk tetap di bawa, karena data kami menginduk ke database disdukcapil secara nasional, Key nya itu adalah nomor induk kependudukan, dan tiap orang nantinya tidak punya double kepesertaan, mereka yang sudah mendaftar di bekasi walaupun nantinya pindah secara otomatis kartu tersebut sudah bisa langsung digunakan di tempat peserta yang pindah domisili, karena sifat BPJS yang nasional berlaku di seluruh Indonesia. Satu lagi tambahan peserta membawa foto 3 x 4 sebanyak 1 lembar, kecuali bayi dibawah usia.”Tambahnya.

Para peserta datang ke Kantor BPJS lalu mengisi form registrasi yang tersedia kemudian para peserta mendapatkan virtual account kelas rawat yang mereka ambil atas nama pribadi masing – masing. setelah mereka mendapatkan virtual account tersebut, mereka membayar premi sesuai dengan kelas yang disebutkan sebelumnya, membayar premi melalui transfer via ATM, mobile banking, sms bangking, internet bangking, ataupun mendatangi langsung teller bank yang bekerjasama dengan BPJS, Bank tersebut adalah Bank BRI, BNI, dan Mandiri.

Setalah Peserta membayar lalu membawa bukti transfernya atau struk pembayaran kembali ke kantor BPJS untuk diterbitkan kartu pesertanya. “Kantor Pelayanan BPJS tidak menerima pembayaran dalam bentuk apapun hanya melayani penerbitan kartu peserta BPJS dan Pengisian Form pendaftaran,” Tegas Hariyanto kepada Bekasiurbancity.

Sementara pantuan BUC memasuki hari ke 4 (4/1) sudah lebih dari 2000 peserta setiap hari diperkirakan ada 250 pelayanan peserta di BPJS kota bekasi. BPJS di Kota bekasi membuka pelayanan sampai hari sabtu mulai dari tanggal 1 januari. Untuk minggu selanjutnya BPJS membuka pelayanan dari hari Senin – Jumat, mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB. (eko)

 

25 Responses to "Cara Mendaftar BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial )"

  1. Budi Prima  January 8, 2014 at 10:18 am

    Wah berguna banget nih infonya, thanks ya

    Reply
  2. jual sofa minimalis murah  January 8, 2014 at 1:12 pm

    terimakasih atas semua infonya,,,

    Reply
  3. jual sofa minimalis murah  January 8, 2014 at 1:12 pm

    no follow

    Reply
  4. Angga  January 9, 2014 at 9:10 pm

    Infonya bagus, terima kasih ya….

    Reply
  5. rokhma  January 11, 2014 at 11:45 am

    Ijin agar ya…

    Reply
  6. rokhma  January 11, 2014 at 11:46 am

    Ijin share

    Reply
    • redaksi  January 11, 2014 at 4:48 pm

      silahkann ;)

      Reply
  7. Samsuddin  January 27, 2014 at 10:21 pm

    Apakah bagi masyarakat yang telah mengikuti asuransi kesehatan swasta akan beralih ke BPJS. soalnya BPJS juga menyediakan fasilitas untuk kelas 1 dengan iuran premi yang jauh lebih murah dengan kelas yang sama

    Reply
    • redaksi  January 28, 2014 at 1:27 am

      Tujuan utama pemerintah adalah seperti itu, nantinya setiap warga negara indonesia baik itu yang berada maupun tidak akan mendapatkan jaminan kesehatan secara cuma2. jadi bagi masyarakat yang sudah memiliki asuransi kesehatan swasta belum ada untuk pengalihan ke BPJS. namun bagi yang ingin mengikuti atau mendaftar BPJS di perbolehkan.

      Reply
  8. yoyok  January 28, 2014 at 1:35 pm

    om info juga donk, nantinya fasilitas yang didapat apa?? kalo kita sakit yang dicover apa aja apa semua penyakit??? atau ada batasan maximal budget pertahun berapa gitu??

    Reply
  9. Antoni  February 1, 2014 at 2:12 pm

    Selain itu pendaftaran secara online juga sudah bisa untuk non Penerima Bantuan Iuran (PBI). disini
    http://bit.ly/1ba2Qpn

    Reply
  10. fadhol  February 1, 2014 at 4:13 pm

    Mau nanya nii… Kemarin kan dah mendaftarkan bapakku dan dah selesai..pembayaran di tolong sapa pak satpam BRI lwt ATMnya… Bisa ga krn bpkku tu dah punya rekening BRI sendiri tp bkn ATM di buat secara onlen lwt rekening BRI untuk bln februari dan seterusnya..maksudnya otomatis dah bayar tdk tiap bln datang ke BRI…?
    Makasih jawabanya

    Reply
  11. Pingback: Tata Cara Pembayaran Premi BPJS via ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ) | Bekasi Urban City

  12. FAJAR  March 8, 2014 at 12:32 pm

    mf saya masih bingung soal BPJS.dan saya sempat kecewa dgn pelayanan di RS Tugu.kata pihak Rs nya semua gratis.trs kenapa kita hrs menandatangani surat utk scanner dan USG.apakah peserta BPJS itu harus dibedakan dgn bukan peserta BPJS/ umum..?
    dan sepertinya pihak Rs sakit justru mempersulit peserta BPJS

    Reply
    • ken  June 6, 2014 at 10:10 pm

      BPJS gratis, tapi pelayanan sesuai standar rumah sakit pemerintah, itu yang saya tahu. Ada harga tentu ada rupa.

      Reply
  13. FAJAR  March 8, 2014 at 12:34 pm

    dan sepertinya cara mensosialisasinya kurang menyebar,msh banyak penduduk yg kurang mengerti dan kurang tertarik utk menjd peserta BPJS.atau memang pihak kecamatan/kelurahan “agak malas:

    Reply
  14. minarsih  March 27, 2014 at 7:38 am

    Klo mau daftar yg gratis. Tapi sebelumnya blm terdaftar kjs itu gimana?
    Klo di jkt bisa .Apakah dibekasi bisa juga…?

    Reply
  15. Waluyo  March 27, 2014 at 12:32 pm

    Jauh-jauh dari Cikarang datang ke Bekasi mau daftar BPJS, sampai disana formulis habis, katanya antrinya dari pagi buta, kebangetan kan….?

    Reply
  16. enda  March 28, 2014 at 10:32 am

    Ada cabang tidak masing2 kecamatan tuk daptr bpjs.sya dari setu-bekasi

    Reply
  17. wasidi  April 24, 2014 at 12:38 pm

    maaf saya dan temen saya kerja ( sudah punya keanggoataan Jamsostek tapi hanya jenis tunjangan hari tua)
    pertanyaan saya :
    apakah bisa langsung dirubah menjadi BPJS Kesehatan?…………….
    dan caranya bagaimana ?………..

    Ditunggu jawabanya , demikian dan Terimakasih.

    Reply
  18. Riandi  July 23, 2014 at 3:15 pm

    Bagi yang gak mau repot buat kartu BPJS
    Saya menyediakan jasa untuk pembuatan resmi kartu BPJS
    Silahkan ke link dibawah ini untuk informasi lebih lanjut

    http://www.kaskus.co.id/show_post/53c5a714bdcb17fe418b4648

    Terima Kasih :)

    Reply
  19. Bartono Mei  August 6, 2014 at 12:46 pm

    Manfaatkan BPJS untuk kesehatan keluarga kita agar lebih terjamin dan terlindungi dan meringankan beban penderitaan rakyat.Terimakasih Indonesiaku

    Reply
  20. idasaidah  August 7, 2014 at 4:25 pm

    Pengalaman saya buat kartu bpjs mandiri di bekasi,sangat mengecewakan setiap harinya banyak yang antri dari jam 4pagi smpai jam 8 hanya untuk mendapatkan nmr antrian,. Parrraahhh.. Itupn kdng suka kehabisann nmr,..
    Yang katanya bpjs melayani 250 peserta setiap hari’a,tapi kenyatannya..hanya ada 175nmr antrian yg tersedia.. Sisanya kemana???? Banyak calonya juga yg menawrkn jasa dsna..

    Reply
  21. Arief Danurwendo  August 8, 2014 at 10:25 am

    Mantap

    Reply
  22. Ekky  August 8, 2014 at 2:50 pm

    Kasihan melihat masyarakat yang antri seperti jaman penjajahan mengantri beras dalam membuat kartu BPJS kantor cabang bekasi dijalan A.Yani depan RS. MITRA BARAT. Para penguasa coba tolong dicari solusi yang efektif dn efisien untuk masyarakat bekasi agar merasa nyaman dan aman dalam membuat kartu BPJS.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16,054 views