Motif Batik Bekasi

Batik Bekasii

BekasiUrbanCity.com - Batik merupakan salah satu warisan budaya indonesia yang sarat nilai dan kini sudah ciri khas bangsa. Semenjak diresmikan oleh UNESCO sebagai “Masterpieces Of The Oral and Intangible Heritage Of Humanity” ( Warisan Kebuadayaan Untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi) pada tanggal 02 oktober 2009, masyarakat indonesia semakin bangga menggunakan Batik. Bahkan saat ini indonesia sudah  menjadi trend mode yang terkenal hingga manca negara.

Perkembangan dan Asal Muasal Batik Bekasi, Pada sejarah batik Indonesia yang pernah tercatat ada masa kolonial. Batik yang diberi nama batik Tarawang tarawang tersebut pada tahun 1892 ernah di  ikut sertakan pada pameran batik Jawa di Amsterdam yang di Bekasi didasarkan selengarakan oleh seniman penulis Belanda di Amsterdam.

Batik tersebut di buat oleh penduduk etnis tionghoa, keluarga Tan-Tjeng-Kwat. Pada tahun 1860 bersama dengan batik lain, batik Tarawang (Batik Tarum) telah di produksi oleh Ny. Vincen Hegen istri pelukis Raden Saleh. Pada tahun 1931 seorang belanda – ir PAL mooyen yang tinggal di Bandung, pernah memimpin suatu pameran produksi Negara Hindia Belanda dan pernah mengoleksi batik Karawang atau batik Tarawang Tarum. Koleksi batiknya berupa kain alas meja pribadatan yang di pakai agama Budha yang disebut Tok-wi. Batik koleksi Mooyen inilah yang menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut untuk produksi.

Motif Batik Bekasi dipengaruhi dengan kegiatan masyarakat sehari – hari diantaranya Tandjidor,Bambu Runcing,Ikan Gabus dan lainnya. Pakem Batik Bekasi tetap ada kepala ( Isinya bisa bambu runcing dan sebagainya ), Gaya Motif Batik dapat dikembangkan menjadi pembagian kain pesisir dan betawi, tetapi dapat dikembangkan dengan Motif Tumpal dengan buket Bunga, lalu kainnya  sendiri ada yang lurus – lurus, dan agak bebas, longgar ( mencerminkan Jiwa Orang Bekasi Luwes ), untuk warna sendiri biasanya merah tanah Bekasi mempunyai filosofi keadaan suatu tempat dibekasi atau khas dari daerah bekasi.

Berikut Tabel Pengembangan Motif Batik Khas Bekasi Dilihat Dari Aspek Flora, Fauna, Kesejahteraan, Motif Warna, dan Aspek Budaya :

IMG_0194

Penggunaan Batik Pada Masyarakat Bekasi

  1. Kegiatan Pernikahan dan acara resmi. Biasanya batik lebih banyak digunakan oleh kaum wanita sebagai penunjang kain kebaya wanita, baik pengantin, maupun orangtua dan pengiringnya. Akan tetapi kenyataannya batik, pada pakaian pernikahan kaum pria lebih banyak menggunakan sarung sebagai penunjang acesoris yang diletakan pada bagian pinggang pria berbentuk kotak – kotak atau istilah di bekasi disebut “Kain Sarung Gebeng”.
  2. Pelaku Kesenian. Motif batik dapat terlihat pada seni topeng ( Khususnya kain penunjang penari ), seni Tanjidor ( Khususnya celana pengiring musik tanjidor, maupun sinden dalam tanjidor ) ataupun keseharian pelaku seni di Bekasi baik ikat kepala maupun celananya.
  3. Koleksi Batik. Umumnya orang Betawi baik di Jakarta maupun di Bekasi sekitarnya menjadi kebiasaan melakukan budaya mengoleksi Batik yang biasanya disimpan dalam lemari pakaian. Namun, dalam keseharian seringkali jarang digunakan, dan hanya untuk disimpan. suatu saat dipergunakan, tetapi juga digunakan untuk kepentingan tertentu misalnya penutup jenazah atau sebagai bagian barang bawaan pernikahan.

 

Redaktur | BekasiUrbanCity.com

6 Responses to "Motif Batik Bekasi"

  1. i-batikcom  December 1, 2013 at 10:14 am

    luar biasa indonesia itu kaya budaya sekali ya
    salam kenal

    Reply
    • redaksi  December 2, 2013 at 10:50 pm

      salam kenal :)

      Reply
  2. @happy_rue  December 10, 2013 at 12:28 pm

    Kalau mau beli di mana, min? Saya sudah lama tinggal di Bekasi belum pernah tahu ada yang jual Batik Bekasi ini. Terima kasih.

    Reply
  3. Eddy Suwantoro  February 7, 2014 at 9:15 am

    Desain Khas Batik Bekasi
    http://khasbatik.blogspot.com

    Reply
  4. wiwik  February 9, 2014 at 12:56 am

    Admin..kira kira ada pelatihan utk batik bekasi ini lagi nga yah?..karena sy ada rencana buat rumah batik di teluk pucung bekasi utara, tolong undang sy di facebook wiwi surya, trims

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

811 views