Dishub Kota Bekasi, Siap Lancarkan Mudik!!

mudik41

BekasiUrbanCity.com - Dinas Perhubungan Kota bekasi mengaku siap melaksanakan dan mengamankan Mudik tahun ini ( 2013 ), persiapan yang dilakukan oleh dinas perhubungan Kota Bekasi diantaranya dengan menyelenggarakan program mudik gratis bagi pengendara sepeda motor, ini sudah berlangsung dan berhasil hingga saat ini kuota yang tersedia telah terpenuhi para pemudik yang sudah terdaftar sudah siap untuk langsung diberangkatkan ke daerah tujuan masing – masing.

Kepala seksi pengembangan transportasi Saut hutajulu mengatakan tujuan program Mudik gratis adalah untuk mengurangi atau menekan angka kecelakaan pengendara sepeda motor saat mudik berlangsung.

Persiapan Mudik lainnya selain program mudik gratis, dinas perhubungan kota bekasi sudah menyiapkan armada reguler untuk digunakan oleh para pemudik. dishub kota bekasi menyiapkan 335 bus cadangan yang masing – masing diantaranya 103 kendaraan bus cadangan, 140 untuk bus kotanya yang digunakan untuk kendaraan mudik, dan 80 unit untuk bus bantuan. Untuk perkiraan Kapasitas tempat duduk yang akan dipenuhi oleh jumlah pemudik, bus reguler 16750 untuk bus cadangan, 6180 untuk bus kotanya, 8260 untuk angkutan kotanya, dan 4800 untuk bus bantuannya. untuk bus AKDP sudah disiapkan 19 rute, dan bus AKAP 17 rute.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Satlantas, Orari, dan bantuan – bantuan polisi lainnya. dishub kota bekasi juga sudah melakukan sidak di terminal induk kota bekasi pada hari jumat minggu lalu untuk uji kelayakan dan administrasi. lalu melakukan test urin untuk para pengemudi bus, “bagi yang kedapatan menggunakan obat – obatan terlarang dan menggunakan zat – zat lain yang berbahaya dalam test urin maka dishub tidak akan mengijinkan supir tersebut untuk mengemudi”, Ujarnya.

Untuk pos – pos penjagaan Dishub kota bekasi sudah mendirikan di berbagai titik atau tempat – tempat yang akan di lalui oleh para pemudik. Untuk Posko Komando dan pusat informasi Dishub ditempatkan di Bulak kapal. untuk posko – posko bantuan ditempatkan diterminal bekasi, Harapan indah, Poncol, disekitar Tol Barat dan Tol Timur.

“Untuk rambu – rambu lalu lintas seperti penerangan jalan dan penunjuk arah jalan sudah terpasang dibeberapa titik vital yang biasa dilalui oleh para pemudik seperti di jalan pondok ungu, Hasanudin, Jalan Ir.H.Juanda, Jalan K.H.Noor Ali, Jalan M.Hasibuan, Jalan Chiril Anwar, Jalan Cut Meutiah, dan Jalan Ahmad yani. Rambu – rambu portable sudah disiapkan semua disetiap posko, dan untuk rambu – rambu yang tertutup pohon sudah dibereskan bekerjasama dengan dinas bina marga kota bekasi dengan menebangi pohon – pohon yang menutupi rambu – rambu lalu lintas”, jelas Saut hutajulu.

Selain itu Dishub Kota Bekasi juga menyiapkan Rest Area di beberapa titik untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor, dan untuk di kabupaten bekasi dishub kota juga sudah berkoordinasi dengan menyiapkan beberapa tempat checkpoint. Untuk diterminal bekasi pihaknya sudah menyiapkan beberapa petugas yang akan berjaga 24 jam selama mudik.

 

Eko | Bekasiurbancity

Leave a Reply

Your email address will not be published.

49 views