BERAPA UKURAN BOLA SEPAK STANDAR FIFA?

BERAPA UKURAN BOLA SEPAK STANDAR FIFA?

90
0
SHARE

BUCSport, Bekasiurbancity.com – FIFA (Federation Internationale de Football Association) atau Federasi Sepak Bola Internasional adalah badan pengatur internasional sepak bola.

Bermarkas di Zurich, Swiss, FIFA sudah didirikan sejak 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. FIFA memiliki banyak tugas sebagai federasi tertinggi sepak bola di dunia. FIFA bertugas mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.

Bukan hanya itu, FIFA juga mengatur hal mendetail lainnya. Seperti halnya ukuran bola standar yang dipakai dalam pertandingan resmi internasional. Aturan bola untuk sepak bola menurut FIFA meliputi beberapa hal, diantaranya terkait dengan panjang diameter lingkarannya, berapa berat bola yang digunakan, bahan apa yang dipakai, dan tekanan udara ketika dipantulkan ke tanah serta warna bola.

Berikut peraturan bola sepak standar FIFA

Bentuk bola

Bulat sudah pasti menjadi hak paten dari FIFA. Namun bulatnya bola menurut FIFA harus sesempurna mungkin. Bentuk bulat sempurna akan menjadikan bola stabil saat menggelinding maupun saat berputar ke udara. Bola yang memiliki bentuk bulat sempurna juga akan memudahkan pemain untuk mengontrolnya.

Bahan bola

Dari segi bahan yang digunakan untuk membuat bola juga menjadi perhatian FIFA. Tidak semua material bisa dijadikan bahan untuk membuat bola. Meski tak dirilis secara rinci, namun FIFA menentukan bahan yang digunakan membuat bola sepak harus terbuat dari kulit atau berbahan lain sejenisnya. Di mana kulit tersebut dianggap sebagai bahan yang paling cocok untuk dipakai pada olahraga bola ini. 

Ukuran bola

FIFA juga menentukan diameter dan keliling bola. Ukuran bola untuk pertandingan sepak bola standar internasional yang telah ditentukan oleh FIFA memiliki keliling lingkaran minimal 68cm dan maksimal 71cm atau dengan ukuran diameter lingkaran bolanya sekitar 21 – 22,5cm.

Berat bola

FIFA menentukan berat bola antara 410gram hingga maksimal 450gram. Berat bola sepak memang sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan bola futsal.

Tekanan bola

Tekanan bola juga merupakan hal penting. Untuk itu FIFA juga memiliki regulasi khusus dalam mengatur hal ini. Tekanan isi udara dalam bola sepak yaitu diatur pada tekanan antara 8–12 psi. Artinya jika bola dijatuhkan ke tanah, kelembaman atau pemantulan bola sekitar 60 persen. Atau saat bola dijatuhkan dari ketinggian 1meter, maka bola harus memantul balik setinggi 60cm.

Warna bola

Hal sepele mungkin, namun soal warna bola FIFA juga memiliki tanggung jawab besar. Warna bola yang digunakan pada pertandingan sepak bola harus mencolok dan terlihat dengan jelas oleh pemain.

 

Sumber : Sportku.com

 

NO COMMENTS

Comments are closed.